perangkat pembuatan multimedia
2.1 HARDWARE
Hardware
(Perangkat Keras) adalah suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat
secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari
hardware itu sendiri yakni :
1. Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang
digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh
komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen,
barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
2. Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses
masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
3. Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk
menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan
kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor,
plotter dan sebagainya.
Adapun perangkat Hardware yang mendukung terciptanya Multimedia
adalah:
a. Mouse
Mouse
adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk
perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai
perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan
secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User
Interface).
b. Keyboard
Keyboard
merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan
komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus
serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah
lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard
komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh
Christopher Latham pada tahun 1868.
c. Scanner
Scanner
adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar
atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu.
d. Microphone dan Headphone
Unit
masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan
dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita
dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan
pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras
lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker
untuk mendengarkan suara.
e. Kartu Grafis
Kartu
grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan
dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari
rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU
pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan
fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4.
f. Soundcard
Sound
Card adalah perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang
berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang
masuk (merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan
karena pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran
(line out/speaker out).
2.2 SOFTWARE
Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data
elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang
disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu
perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari software yakni :
1. Sistem Operasi : Software yang memang ada
untuk jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contohnya seperti :
Windows, Linux dan Mac OS.
2. Software Aplikasi : Software yang berguna
untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pengguna.
Contohnya seperti : Microsoft Office, Libre Office dan sebagainya.
Sumber :
·
Komentar
Posting Komentar