MULTIMEDIA
1.1 Pengertian Multimedia
Multimedia
adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi)
berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video,
interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu
menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target audiens-nya.
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu:
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game. Kata multimedia itu sendiri berasal dari kata multi (Bahasa Latin) yang berarti banyak dan katamedia (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan sesuatu. Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu:
a. Multimedia
Linier
Multimedia
linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol
apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan
sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan film.
b. Multimedia
interaktif
Adalah suatu
multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa
komputer, mouse, keyboard dan lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna,
sehingga pengguna dapat memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya.
Contohnya seperti aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan
mensinergikan semua media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan
interaktivitas (rancangan).
1.2 Tujuan dan Manfaat
Multimedia
Pemanfaatan multimedia memiliki
tujuan-tujuan dasar, antara lain:
· Meningkatkan
efektifitas penyampaian informasi
· Mendorong
partisipasi, eksploitasi dan interaksi pemakai
· Merancang
panca indra, karena bersifat visual
· Memberikan
kemudahan pemakaian.
1.3 Elemen Multimedia
Sebuah
multimedia yang baik dan mudah dipahami, dibutuhkan elemen-elemen yang mampu
menyampaikan sebuah informasi kepada mengguna multimedia tersebut.
Elemen – elemen tersebut antara lain :
I. Teks
Teks
merupakan elemen multimedia yang paling sederhana dan mudah dimengerti. Selain
itu teks lebih mudah diolah, disimpan dan tidak banyak memakai memori dalam
sebuah media penyimpanan. Ada beberapa jenis media teks antara lain plain
text, rich format text, dan hyper text. Plain
Text merupakan jenis text yang paling dasar, berbentuk kode ASCII.
· Plain
text tidak
terenkripsi maupun informasi yang di-embeddi dalamnya.
· Rich
format text merupakan
sekumpulan text yang telah diformat. Karena telah diformat, RFT mampu
menampilkan teks-teks dengan format sederhana, seperti huruf tebal, huruf
miring, paragraf, dan lain-lain.
· Hypertext,
biasanya text yang bersifat saling terhubung (Linking), dan non
linear, contohnya adalah HTML dan XML
II. Grafik
Grafik
sangat baik dalam mengilustrasikan suatu informasi. Grafik dapat berupa
kurva, foto, hasil scanner maupun bentuk gambar lain baik dua
dimensi atau tiga dimensi. Berdasarkan pembentukkaannya, jenis grafik
terbagi dua macam yaitu:
a. Grafik
Bitmap
Bitmap
disusun sebagai sebuah matriks yang mempresentasikan setiap titik atau
pixel dan warna. Kualitas bitmap sangat tergantung dari resolusi pixel dan
ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini sangat baik dalam penyimpan foto atau
gambar yang rumit. Ukuran file bitmap terkadang berukuran
cukup besar karena grafik disimpan per pixel.
b. Grafik
Vektor
Grafik
vektor dibentuk dari hitungan matematika sebagai dasar untuk
menampilkan grafik. Grafik vektor terbentuk dari susunan garis, bangun dua
dimensi (persegi, elips, lingkaran) yang ditempatkan secara matematis dengan
koordinat, ukuran , ketebalan dan sudut. Grafik vektor cenderung
berukuran kecil dalam penyimpanannya. Selain itu apabila diperbesar (zooming) ,
vektor tidak mengalami perubahan kehalusan grafik.
III. Animasi
Animasi
adalah bentuk gambar yang bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar secara
cepat, bergantian dan terus-menurus sehingga menghasilkan efek sebuah gambar yang
bergerak. Animasi lebih menarik dibanding bantuk gambar atau grafik biasa.
IV. . Suara
Pengunaan
suara atau audio ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang
tidak mungkin diberikan oleh media informasi seperti gambar, grafik ataupun
teks. Contohnya untuk menginformasikan bagaimana bunyi desiran angin tentu
tidak bisa didepskripsikan oleh teks. Ada tiga jenis suara yaitu ucapan (speech), musik
dan efek suara. Selain itu suara juga terbagi dua jenis formatnya yaitu MIDI
dan WAVE.
MIDI
( Musical Instrument Digital Interface) merupakan jenis format
suara yang berasal dari instrumentasi alat musik. Namun jenis fomat MIDI tidak
dapat memainkan atau merekam bunyi atau suara yang alamin seperti suara
manusia, suara tetesa air dan lain-lain
WAVE merupakan jenis format musik atau suara
berbasis digital yang dapat merekam dan memainkan jenis suara apapun baik real
sound effect maupun suara dari manusia.
V Gambar
Gambar
merupakan suatu objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non
teks) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak berelasi dengan waktu. Gambar
terbagi tiga jenis yaitu visible image, non visible image dan abstract
image.
· Visible
image : gambar
yang terlihat seperti lukisan , foto
· Non
visible image : suatu objek yang bukan gambar namun
dipresentasikan dalam bentuk gambar seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan
jenis pengukur lainnya
· Abstrak
: gambar yang tidak nyata, yang berbasiskan perhitungan aritmatika
VI. Video
Video
seperti layaknya animasi namun video lebih cenderung hasil karya dari adegan
dunia nyata yang direkam secara langsung. Dalam video terkandung juga
elemen multimedia lainnya seperti gambar , suara dan tulisan. Dibanding dengan
elemen lainnya , video menyuguhkan informasi lebih lengkap dan menarik.
1.4 Konsep Dasar Warna dalam
Multimedia
a. RGB
(Red, Green, Blue)
Warna
RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan
presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti
komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di
monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam.
b. CMYK
( Cyan Maggenta Yellow Key)
CMYK
(adalah kependekan dari cyan, magenta, yellow-kuning, dan warna
utamanya (black-hitam), dan seringkali dijadikan referensi sebagai suatu proses
pewarnaan dengan mempergunakan empat warna) adalah bagian dari model pewarnaan
yang sering dipergunakan dalam pencetakan berwarna. Namun ia juga dipergunakan
untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda-beda dari
setiap tempat pencetakan, operator surat khabar, pabrik surat khabar dan
pihak-pihak yang terkait, tinta untuk proses ini biasanya, diatur berdasarkan
urutan dari singkatan tersebut.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar